Kentang Kroket

Kentang Kroket 

Belajar untuk mencoba membuat cemilan yang gurih sebagai salah satu menu makan yang siap disantap hari ini. Dan kali ini siap untuk mencoba

Bahan-bahan Kroket Kentang:

1 buah kuning telur
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
3 sdm susu bubuk
500 gram kentang

Bahan Isi:
1 buah wortel
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
100 ml susu cair
1 sdm margarin untuk menumis
1/2 buah jagung manis, sisir
75 gram daging ayam, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
4 siung bawang merah, cincang halus
1/2 siung bawang bombai, cincang halus
2 buah daun bawang, rajang halus
1/2 sdm tepung maizena, larutkan dalam 1/4 gelas air
50 ml air matang
1/2 sdt gula pasir 
Bahan pencelup:
1 buah telur
3 sdm susu bubuk
Bahan lain:
200 gram tepung panir halus

Langkah-lngkahnya sebagai berikut:
           
1.     Kupas kentang tersebut dan cuci samapi bersih. Potong kotak-kotak kemudian goreng hingga matang dan empuk. Tes kentang tersebut dengan sendok garpu. dan Jangan menggoreng terlalu kering-kering.
2.     Sisihkan kentang yang telah digoreng dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu.
3.     Setelah dingin, kentangnya dihaluskan (bisa dengan food processor atau dengan tumbukan/ulegan batu)
4.     Setelah halus, campurkan kentang tadi dengan bahan kulit lainnya ( seperti kuning telur, susu bubuk, merica, pala, garam dan gula) ke dalam wadah kemudian aduk merata.
5.     adonan tersebut Sisihkan.
6.     kalau membuat isi kroket: panaskan margarin. Tumis bawang bombai, bawang merah terus bawang putih sampai harum. Masukan daging ayam cincang. Aduk dan masak sebentar saja.
7.     Masukan wortel dan jagung manis kemudian Aduk-aduk dan masak sebentar saja. Masukan bahan lainnya: seperti  merica bubuk, kecap asin, pala bubuk, saus tiram, kecap manis,  gula dam garam. Aduk kembali sampai merata.
8.     Masukan susu cair tadi dan tepung maizena yang telah disiapkan. Masaklah sampai sayuran matang dan bumbunya meresap. kemudian angkatlah jika sudah mengering dan mengental. Sisihkan.
9.     Membuat bahan pencelup: kocok telur tadi, gula pasir dan susu bubuk. Tambahkan air. aduk kembali sampai semua bahan tercampur sacara merata.
10.  tahab akir: ambil adonan kulit. kemudian Bentuk bulat lalu pipihkan. Isi ditengahnya dengan bahan isian sekitar setengah sampai satu sendok makan saja. kemudian tutup adonan. Bentuklah kembali adonan tadi menjadi bentuk bulat agak lonjong atau sesuai selera anda.
11.  Adonannya diaduk dengan kulit yang telah diisi tadi ke dalam bahan pencelup hingga merata. kemudian gulingkan ke dalam tepung panir halus.

12.  Siap digoreng dengan api kecil dan minyak yang banyak sampai berwarna coklat kekuningan. kalau sudah matang Angkat dan tiriskan. Kroket ini siap untuk dihidangkan bersama cabai rawit hijau. mudahkan

Tidak ada komentar: